logo

10 Tips Dasar Parenting yang Wajib Diterapkan pada Anak

Menjadi orangtua itu gampang-gampang susah. Gampang karena kita akan terbiasa seiring berjalannya waktu, namun juga susah karena harus memikul beban tanggung jawab yang berat.

Saat menjadi orangtua, maka akan ada kewajiban mendidik dan membimbing anak semaksimal mungkin. Mams dituntut untuk mengajari anak berbagai macam hal, mulai dari yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, moral, hingga urusan religi. Nah, karena tanggung jawab yang berat inilah, mams perlu terus upgrade kemampuan parenting agar lebih mudah dalam mendidik anak. Salah satu cara upgrade level parenting yang bisa mams coba adalah dengan menerapkan beberapa tips berikut!

1. Bangun Rasa Percaya Diri Anak

sumber: pexels.com

Membangun rasa percaya diri anak sangat penting agar dia lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Anak yang percaya diri akan lebih mudah mengelola emosi serta bersosialisasi dengan lingkungan yang berbeda.

Lalu, bagaimana cara agar anak lebih percaya diri? Agar anak bisa membangun percaya dirinya, Mams wajib menjelaskan pada anak jika setiap orang memiliki perbedaan. Dengan demikian, anak bisa merasa bangga pada kemampuannya tanpa merendahkan orang lain. Selain itu, Mams juga perlu menunjukkan apresiasi pada setiap usahanya, meskipun hasil yang ia dapatkan belum maksimal.

2. Sebut Nama Anak Sebelum Memberikan Perintah

sumber: pexels.com

Menyebut nama anak sebelum memberikan perintah akan membuat anak lebih siap mendengar apa yang dikatakan orangtua. Namun, hindari menggunakan teriakan keras saat memanggil anak karena hanya akan membuatnya kesal dan enggan mendengarkan perintah selanjutnya.

3. Hindari Membandingkan Anak dengan Orang Lain

sumber: pexels.com

Anak perlu diajarkan jika setiap orang memiliki keistimewaan yang berbeda. Oleh karena itu, jangan sampai membandingkan anak dengan orang lain. Apalgi, jika membandingkan anak dengan saudaranya. Hal ini dikarenakan membandingkan anak dengan saudaranya dapat menimbulkan rasa iri dan bahkan menjadi bibit masalah yang lebih besar di kemudian hari.

4. Hindari Aturan Dua Arah

sumber: pexels.com

Apa yang dimaksud aturan dua arah? Yang dimaksud istilah ini adalah aturan yang hanya berlaku bagi anak, tapi tidak bagi orangtua. Misalnya, Mams melarang anak bermain gawai dengan tiduran, tapi Mams justru melakukannya di depan anak. Nah, hal semacam inilah yang nantinya akan membuat anak membangkang ketika tidak diawasi, Jadi, hati-hati, ya Mams!

5. Ajarkan Anak Kata Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

sumber: freepik.com

Ajari anak menggunakan kata tolong, maaf, dan terimakasih secara tepat. Penggunaan kata ini tidak hanya membuat anak menjadi pribadi yang sopan, tetapi juga menjadikan anak lebih disegani nantinya.

6. Hindari Marah dan Mengejek Anak

sumber: freepik.com

Marah pada anak boleh saja, tapi penyampaian marahnya harus dikontrol, ya Mams! Jangan sampai Mams memaki dan mengejek anak saat marah karena bisa membuat anak minder dengan dirinya. Selain itu, amarah yang berlebihan pada anak juga bisa ditiru oleh anak, sehingga menjadikannya pribadi yang mudah marah.

7. Berikan Contoh Terbaik

sumber: pinterest.com

Anak adalah peniru yang ulung. Jadi, sebisa mungkin berikan contoh terbaik untuk anak, ya Mams! Misalnya, jika mams ingin anak tumbuh dengan kepribadian yang penuh sopan santun, maka mas juga harus mengajarkan sopan santun sedini mungkin di rumah.

8. Batasi Screen Time

sumber: pixabay.com

Screen time memang bisa membuat anak ‘anteng’, sehingga Mams bisa lebih fokus menyelesaikan tugas rumah tangga lainnya. Namun, screen time juga membawa dampak negatif, terutama pada fokus anak yang hanya terpaku pada gadget.

Eits, tapi ini bukan berarti anak tidak boleh screen time sama sekali, lo Mams! Anak masih tetap boleh screen time dengan waktu terbatas. Konten yang dilihat pun harus difilter agar anak terhindar dari konten yang

9. Ajarkan Pentingnya Tanggung Jawab

sumber: hseblog.com

Sedini mungkin, ajarkan pada anak tentang tanggung jawab. Anak harus tahu tugasnya dan bagaimana cara melakukannya. Selain itu, anak juga harus dikenalkan dengan konsekuensi jika lalai melakukan tanggung jawabnya.

10. Terus Belajar Ilmu Parenting

sumber: pexels.com

Tidak ada orangtua yang sempurna, namun akan selalu ada orangtua yang berusaha menjadi yang sempurna. Oleh karena itu, jangan pernah bosan untuk belajar ilmu parenting, ya Mams! Ada banyak cara belajar ilmu parenting, mulai dari membaca artikel, ikut seminar, hingga konsultasi dengan psikolog.

Itulah tadi beberapa tips menjadi orangtua yang perlu Mams ketahui dan terapkan. Namun, menjalankan tips tersebut hanya sebagian cara ikhtiar saja. Mams masih perlu mengusahakan hal lain, seperti mendoakan anak dan memberikan pendidikan terbaik untuk menjadikannya pribadi yang unggul.

share

Kategori
Baca juga
image

Kiat dan Strategi Melatih Keterampilan Komunikasi Anak Sejak Dini

Halo Mams, sudahkah Mams tahu bahwa melatih keterampilan komunikasi anak sejak dini sangat penting? Memiliki…
image

Pencernaan Sehat Dukung Akal Cerdas Anak: Kunci Tumbuh Kembang Optimal

Tumbuh kembang anak merupakan proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah…
Tentang kami

Happymams.id adalah platform komunitas mams yang memberi info seputar parenting, lifehack, dan pengelolaan keuangan rumah tangga.

Ikuti Kami

© 2022 Happymams.id All rights reserved.