logo

8 Cara Menjadi Ibu Terbaik bagi Si Kecil

Ibu mana sih yang nggak mau menjadi sosok yang terbaik untuk anaknya? Semua Ibu, tidak terkecuali Mams pasti selalu berusaha untuk mendidik, mengasuh, dan membesarkan anak dengan cara terbaik. Mams juga pasti tahu kalau apa-apa yang Mams ajarkan pada si kecil pasti berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak dan perkembangannya. Alasan itu pun sudah cukup kuat agar Mams berusaha menjadi panutan dan sosok orang tua terbaik di mata si kecil.

Tapi tidak semua orangtua sempurna, ya Mams. Terkadang kita harus diingatkan dan diberi motivasi agar lebih bersemangat untuk menjadi sosok Ibu terbaik bagi sang anak. Berikut delapan tips menjadi Ibu terbaik versi Happymams.id.

1. Terus Belajar

sumber: pixabay.com

Jangan merasa puas dengan pengetahuan parenting yang Mams miliki selama ini. Teruslah belajar agar menjadi Ibu yang baik. Mams bisa belajar dari orang di sekitar yang sudah berpengalaman atau membaca tips-tips parenting di internet yang berasal dari sumber terpercaya.

Jika punya waktu lebih, Mams juga bisa mengikuti kegiatan parenting yang positif, seperti webinar dan seminar entah itu online ataupun offline. Saat ini sudah banyak webinar dan seminar yang bisa diikuti secara gratis. Jadi, Mams tidak usah khawatir lagi soal biaya nya, asalkan rajin mencari info webinar dan seminar gratis melalui komunitas atau media sosial.

2. Jangan Ragu Minta Maaf

sumber: pixabay.com

Saat melakukan kesalahan, Mams tidak boleh ragu untuk meminta maaf terlebih dahulu. Menolak minta maaf pada anak hanya akan mengajarkan mereka sifat angkuh. Jadi, jangan sampai itu terjadi ya, Mams.

3. Jadilah Pendengar yang Baik untuk Anak

sumber: pexels.com

Anak perlu didengar ceritanya dan juga keluh kesahnya. Cobalah menjadi pendengar yang baik dengan menghentikan semua aktivitas ketika anak biara. Tatap matanya dan berikan respek terhadap apa yang mereka ceritakan. Jika mereka menceritakan sesuatu yang dibanggakan, jangan lupa menunjukkan rasa antusias agar anak merasa dihargai.

4. Mencari Tempat Curhat

sumber: pexels.com

Sesekali Mams juga perlu teman bercerita agar tidak stress memikirkan masalah anak. Mams bisa bertukar pikiran dengan sahabat yang juga memiliki anak. Mintalah pendapat mereka tentang kelakuan anak yang Mams anggap salah. Dengan demikian, Mams bisa memandang dari berbagai sudut dan tidak selalu egois memaksakan apa yang Mams inginkan pada anak.

5. Bekerjasama dengan Suami

sumber: pixabay.com

Stress juga bisa menjadi Mams cepat marah dan menjadikan anak sebagai pelampiasannya. Agar itu tidak terjadi, ajaklah suami bekerjasama. Mintalah bantuan suami menjaga anak ketika Mams masih sibuk mengerjakan hal lainnya.

6. Mengerti Apa yang Anak Inginkan

sumber: pixabay.com

Terkadang kita sebagai orangtua seringkali memaksa anak menjadi apa yang kita mau. Padahal, anak juga butuh didengarkan bagaimana sudut pandang mereka, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah. Selain dapat membuat anak berpikir lebih kritis, cara ini juga bisa melatih anak mandiri menyelesaikan masalah dan tumbuh menjadi pribadi yang menghargai orang lain, loh!

7. Tetap Tegas

sumber: pexels.com

Menjadi ibu yang baik bukan berarti kehilangan sikap tegas. Mams tetap harus bersikap tegas ketika anak melakukan kesalahan dengan menegur dan memberikan nasihat. Sesekali anak juga harus diberikan teguran keras sebagai peringatan. Tapi ingat untuk tidak berbuat kekerasan, ya!

8. Menjadi Contoh yang Baik

sumber: pexels.com

Anak adalah peniru yang ulung. Oleh karena itu, Mams juga harus menjaga sikap di depan anak. Jangan sekali-kali melakukan hal yang Mams larang di depan anak karena hanya akan membuat anak bingung dengan peraturan yang Mams buat.

Itulah beberapa cara menjadi ibu yang baik. Jangan pernah putus asa dan terus belajar untuk yang terbaik dan mempersiapkan masa depan terbaik untuk anak, ya Mams!

share

Kategori
Baca juga
image

Kiat dan Strategi Melatih Keterampilan Komunikasi Anak Sejak Dini

Halo Mams, sudahkah Mams tahu bahwa melatih keterampilan komunikasi anak sejak dini sangat penting? Memiliki…
image

Pencernaan Sehat Dukung Akal Cerdas Anak: Kunci Tumbuh Kembang Optimal

Tumbuh kembang anak merupakan proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah…
Tentang kami

Happymams.id adalah platform komunitas mams yang memberi info seputar parenting, lifehack, dan pengelolaan keuangan rumah tangga.

Ikuti Kami

© 2022 Happymams.id All rights reserved.