logo

7 Cara Bonding dengan Bayi yang Perlu Mams Ketahui

Menjadi orang terdekat bagi si kecil memang sudah menjadi kodratnya seorang Ibu. Setelah mengandung selama berbulan-bulan dan melewati proses melahirkan, seorang Ibu seharusnya menjadi orang pertama yang dikenali bayi dan dekat dengannya. Namun, proses pembangunan kedekatan ini tidak selamanya mulus. Terkadang ada kendala yang membuat ikatan atau bonding antara Ibu dan bayi menjadi kurang erat.

Apakah Mams salah satu orang yang sedang berusaha membangun bonding dengan bayi? Jika iya, beberapa cara berikut bisa sangat membantu.

1. Meluangkan Waktu Berdua

sumber: pinterest.com

Bayi akan mengenali orang yang sering ada di dekatnya. Akan ada ikatan khusus antara bayi dengan orang yang paling sering berinteraksi dengannya. Oleh karena itu, Mams harus sering meluangkan waktu berdua bersama si kecil untuk membentuk ikatan batin yang kuat. Pastikan tidak ada orang lain yang mengganggu saat Mams berdekatan dengan si kecil.

2. Skin to Skin

sumber: pinterest.com

Menyentuh, meraba, menggendong, daan meletakkan bayi dalam dekapan merupakan bentuk sentuhan kasih sayang yang dapat memperkuat bonding. Bayi akan mengenali aroma tubuh orang yang melakukan kontak fisik dengannya. Selain itu, proses interaksi ini juga membantu bayi merasa aman, sehingga baik untuk perkembangan panca indranya.

3. Mengajak Bayi Mengobrol 

sumber: pixabay.com

Sama seperti orang dewasa yang makin akrab ketika sering mengobrol, bayi juga bisa lebih akrab jika Mams sering mengajaknya bicara. Walaupun bayi belum mengerti apa yang dibicarakan, ia akan berusaha mengenali suara dan memberikan respon sesuai perasaannya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mengajak bayi mengobrol setiap kali ada kesempatan.

4. Menyusui sambil Memeluk atau Bersenandung

sumber: pixabay.com

Menyusui adalah cara paling efektif lain untuk membentuk ikatan batin antara ibu dan anak. Saat menyusui, usahakan Mams memandang anak dengan penuh kasih sayang untuk membangun ikatan batin yang kuat. Selain itu, memeluk, memberikan sentuhan, dan bersenandung juga bisa membantu si kecil mengenali Mams lebih dekat, lho!

5. Memberikan Pijatan Lembut

sumber: pixabay.com

Bayi belum bisa mengungkapkan ketika ia merasa capek dan tidak nyaman. Nah, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian, Mams bisa memberikan pijatan lembut pada bayi. Selain bayi akan merasa nyaman, ia juga akan merasa Jika Mams adalah orang dekat yang benar-benar menyayanginya, sehingga ikatan batin juga akan terbentuk dengan sendirinya.

6. Menggendong dengan Kain Gendong

sumber: pexels.com

Menggendong anak secara langsung menggunakan kain gendong, baik itu jarik maupun gendong instan akan membangun ikatan ibu-anak yang kuat. Dengan menggendong secara langsung, Mams akan lebih dekat dan intens bersentuhan dengan anak. Mams juga bisa memandang anak dari mata ke mata, beda halnya dengan meletakkan anak di stroller atau bouncer.

7. Memandikan Si Kecil

sumber: freepik.com

Mams bisa mencoba memandikan anak sambil mengajaknya berinteraksi. Cara ini tidak hanya berguna untuk membangun bonding, tapi juga merangsang perkembangan indra si kecil.

Cukup mudah dipraktekan, kan Mams? Bahkan, Mams yang baru menjadi seorang Ibu pasti bisa melakukannya. Coba secara perlahan, dan yang sebisa mungkin jangan takut menyentuh bayi meskipun ia masih terlihat rentan. Terkadang, hal utama yang menyebabkan bonding susah terbangun justru adalah karena Mams takut melukai bayi ketika menyentuhnya, takut salah dalam mengasuh bayi, dan lain sebagainya.

share

Kategori
Baca juga
image

Si Kecil Bertingkah Nakal? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kenakalan pada anak adalah hal yang umum terjadi. Terkadang anak mendadak tidak patuh, tidak mau…
image

8 Cara Menjadi Ibu Terbaik bagi Si Kecil

Ibu mana sih yang nggak mau menjadi sosok yang terbaik untuk anaknya? Semua Ibu, tidak…
Tentang kami

Happymams.id adalah platform komunitas mams yang memberi info seputar parenting, lifehack, dan pengelolaan keuangan rumah tangga.

Ikuti Kami

© 2022 Happymams.id All rights reserved.